Jumat, 27 Januari 2012

RPP kls V semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V ( Lima ) / II ( Dua )
PERTEMUAN : I ( PERTAMA )
ALOKASI WAKTU : 3 X 35 MENIT
STANDAR KOMPETENSI : 7. Mengenal Rasul-rasul Allah SWT

KOMPETENSI DASAR : 7.2. Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi

INDIKATOR : 7.2.1. Menyebutkan pengertian ulul Azmi

: 7.2.2. Menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi

: 7.2.3. Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
: 7.2.4. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Nuh AS

: 7.2.5. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Ibrahim AS
: 7.2.6. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Musa AS
: 7.2.7. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Isa AS
: 7.2.8. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Muhammad SAW
: 7.2.9. Menyebutkan sifat wajib bagi Rasul
: 7.2.10 Menyebutkan sifat Mustahil bagi Rasul
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui Diskusi, tanya jawab dan ceramah :
 Siswa mampu menyebutkan pengertian ulul Azmi
 Siswa mampu menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi
 Siswa mampu menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Nuh AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Musa AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Isa AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Muhammad
 Siswa mampu menyebutkan sifat wajib bagi Rasul
 Siswa mampu menyebutkan sifat Mustahil bagi Rasul

II. MATERI AJAR

Ulul Azmi berasal dari kata Ulu/Uli dan al-Azmi. Ulu/Uli berarti memiliki dan al-Azmi berarti keteguhan/ tekat yang kuat. Rasul Ulul Azmi maksudnya adalah Rasul yang memiliki keteguhan dan kesabaran yang sangat kuat dalam menghadapi berbagai rintangan yang dialami selama menyampaikan ajaran Allah SWT kepada umatnya. Rasul ulul Azmi berjumlah 5 orang yaitu: Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan nabi Muhammad SAW.
Tantangan yang di hadapi oleh nabi Nuh adalah Nabi Nuh a.s. beratus-ratus tahun lamanya mengajak umatnya untuk beriman kepada Allah swt., tetapi hanya sedikit yang beriman.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim a.s. adalah menantang Raja Namrud yang menyembah berhala. Raja Namrud tidak mau beriman kepada Allah swt. Bahkan Nabi Ibrahim a.s. dibakar.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Musa a.s. adalah mengajak Fir’aun untuk berfirman kepada Allah swt., tetapi Fir’aun menolak bahkan mengejar Nabi Musa a.s. untuk dibunuh.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Isa a.s. adalah mendapat tantangan dari murid-muridnya yang berontak. Pimpinan pemberontak yang bernama Yudas Iskariot dimiripkan wajahnya seperti Nabi Isa a.s. oleh Allah swt., akhirnya dia disalib.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Muhammad saw. Adalah mengajak kaum kafir Quraisy Makkah untuk menyembah Allah swt,. Mereka tidak mau bahkan mereka memusuhi dan mengusir. Akhirnya Nabi pindah ke Madinah.

Sifat wajib bagi Rasul yaitu:
1. Siddiq artinya jujur
2. Amanah artinya dapat dipercaya
3. Tablig artinya menyampaikan
4. Fatanah artinya pandai, cerdas

Sifat Mustahil bagi Rasul yaitu:
Kizib artinya : Dusta
Khianat artinya : Tidak dapat dipercaya
Kitman artinya : Menyembunyikan
Baladah artinya : Bodoh


III. STRATEGI PEMBELAJARAN:

A. Pendekatan : CTL
B. Model : Snowball Throwing
C. Metode : Diskusi, Tanya-jawab, Ceramah, dan penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN WAKTU
A Kegiatan Awal

- Appersepsi: Menghubungkan dengan pelajaran yang
berlalu dengan yang akan datang
kemaren kita telah belajar tentang

- Menjelaskan tujuan pembelajaran: Setelah kamu mempelajari tentang kaum muhaajirin maka kamu tau begitu gigihnya kaum Muhajirin berjuang untuk menegakan ajaran Islam dan meneladaninya.

- Motivasi: Memberikan motivasi kepada siswa. Dengan mengetahui kegigihan kaum Muhajirin maka semangat kamu akan bertambah dan tidah mudah menyerah dalam menegakan kebenaran. Orang yang tidak sempuna ( Cacat ) bisa melakukan sesuatu terbaik apalagi kita yang sempurna. 5 menit
B Kegiatan inti

- Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
- Guru memanggil ketua kelompok ke depan dan menyampaikan materi yang akan dipelajari
- Siswa membaca buku pegangan sebagai sumber pembelajaran
- Guru memberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan yang menyangkut dengan materi
- Guru mendampingi siswa mengerjakan lembaran kerja
- Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menangapi.
- Guru memberikan pujian kepada kelompok terbaik
- Guru menjelaskan materi yang belum tercapai dengan memakai media laptop dan elsidi
80 menit


C Kegiatan akhir - Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
- Guru menyampai pesan ( pesan Moral, Ibadah dll )
- Guru memberikan evaluasi / penilaian tertulis 20 menit



V. ALAT / BAHAN / SUMBER:

- Alat: Kertas lembaran kerja, lembaran penilaian, laptop, Elsidi, papan tulis, Spidol,
- Bahan / sumber: Buku PAI kelas VI pengarang Moh Masrun.s Dkk penerbit Erlangga dan buku PAI Kelas VI pengarang Nur Arief dkk penerbit Seti Aji.

VI. EVALUASI / PENILAIAN
Essay

1. Tulislah pengertian Kaum Muhajirin!
2. Tulislah penyebab terjadinya hijrah kaum Muhajirin!
3. Tahun berapa peristiwa hijrah terjadi dan keberapa kalinya!
4. Tulislah isi Baiat Aqabah I!
5. Ceritakanlah dengan singkat peristiwa perjalanan kaum Muhajirin hijrah ke Madinah!

KUNCI JAWABAN

1. Kaum Muhajirin adalah penduduk Mekah yang telah memeluk Agama Islam dan hijrah
bersama Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

2. Sebab terjadinya hijrah ke Madinah adalah karena
a. Turunnya perintah hijrah dari Allah SWTvdalam Q.S. An-Nisa ayat 100
b. Kekejaman orang kafie Quraisy yang semakin membuat penderitaan kaum Muslimin.
c. Permintaan kaum Muslimin Madinah semakin kuat, dan tokoh-tokoh Madinah menyatakan masuk Islam Pada Nabi Muhammad SAW
d. Hambatan penyiaran Islam di madinah lebih kecil persentasenya di banding di Mekah
e. Perkembangan Islam di Madinah lebih cepat
f. Perkembangan Islam di Mekah sangat sulit karena penguasanya lebih kuat mengikuti ajaran nenek moyangnya.
3. Hijrah Nabi dan sahabatnya dari Mekah ke Madinah adalah hijrah yang ke dua. Pada tahun 622 M
4. Isi Baiat Aqabah I adalah mereka berjanji untuk tidak menyekutukan Tuhan, berzina, mencuri dan menghindari sifat tercela lainnya serta berjanji akan taat kepada Rasulullah SAW
5. Pada pertengahan malam, para pemuda kafir Quraisy berjaga- jaga mengawasi Nabi Muhammad SAW.Akhirnya Rasulullah keluar rumah seorang diri di depan para pemuda yang sedang tertidur yang bertugas menjaga rumah Nabi. Ali mengenakan jubah Rasulullah SAW ia rela mati demi melindungi Rasulullah dan agama Allah. Pada malam itu Nabi ke rumah Abu Bakar untuk di ajak hijrah ke Madianh. Nabi dan Abu Bakar istirahat di Jabal Sur, keduanya beelindung di gua Sur. Laba-laba dan burung mermati ikut melindungi dengan membuat sarang nya di pintu gua. Akhirnya Nabi dan Abu Bakar selamat dan membangun Masjid yang pertama kalinya di bangun.





Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 07 Guru Pendidikan Agama Islam





Evita Zamharira, S.Pd Fitra Yenti, S.Ag .M.A
Nip.19710311 199303 2 002 Nip. 19700903 200801 2 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar