Senin, 30 Januari 2012

PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN YANG BERBASISKAN ICT

PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN YANG BERBASISKAN ICT




Di Singkarak Sumpur Hotel
Hari Sabtu dan Minggu
Tanggal 19 dan 20 Maret 2011




Oleh
FITRA YENTI, S.Ag. M.A







KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANAH DATAR
2011

MODUL PELATIHAN ICT

1. Mengenal IDE PowerPoint 2007
Microsoft PowerPoint merupakan software produk Microsoft® yang dikhususkan untuk pembangunan atau pembuatan slide untuk presentasi. Microsoft PowerPoint memiliki beberapa alat bantu (tools) yang membantu perancang slide untuk mendesain slide sehingga tampil lebih menarik dan mudah dikendalikan saat melakukan presentasi.
Beberapa alat bantu yang tersedia pada Microsoft PowerPoint satu sama lain saling terkait dan terpadu sehingga membantu sistem slide designer yang komplek yang disebut dengan Integreted Development Environment (IDE).
Sebelum kita mengenal IDE PowerPoint, kita buka dulu software Microsoft PowerPoint 2007. Untuk membukanya, klik tombol Start  All Program  Microsoft Office  Microsoft PowerPoint 2007.

Gambar 1.1



Sesaat kemudian Microsoft PowerPoint akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

Gambar 1.2
2. Persiapan
Sebelum mulai perlu dipahami dasar pembuatan presentasi secara umum:
 Perencanaan pembuatan presentasi, seperti menentukan ide dan tema (materi)
 Penyusunan presentasi (Cover, teks menu utama, tataletak, animasi suara, dll)
 Mengumpulkan isi presentasi. (gambar, suara, film, dan lain-lain)

3. Memulai Membuat Presentasi
1. Cover

Gambar 3.1
2. Langkah-langkah pembuatannya.

a. Buka halaman kerja pada powerpoint seperti pada gambar 1.2
b. Isi kolom kerja dengan judul presentasi yang akan di berikan pada kolom pertama

c. Kolom Kedua di isi dengan kolom nama pemateri dan tempat tugas pemateri.




d. Mempercantik Cover.
 Menukar Warna Huruf
Blok huruf yang ingin diganti warnanya setelah itu klik Huruf pilih salah satu warnah yang diinginkan.
 Memberi Latar Slide
Klik yang berguna untuk mengganti warna latar slide atau memberi gambar latar pada slide.

3. Menu Utama pada Slide ke dua

4. Cara Pembuatan slide kedua pada menu utama
Klik Insert ambil Shapes Kemudian Klik mana yang disukai.

5. Hyperlink
Cara melakukan Hiperlink.
a. Pembuatan Menu Home Untuk kembali ke menu utama
Klik Insert Shapes Ambil gambar Menu Home
b. Slide-slide berikutnya di Hyperlink ke menu utama.
Caranya Klik kanan ambil Hyperlink To. Selanjutnya klik Slide Klik Menu Utama kemudian Oke.

Sesaat kemudian akan muncul dibawah ini

Setelah klik Bookmark maka akan muncul seperti ini

Ambil slide yang akan dilingkan dengan menu utama setelah Klik Oke.
(Siiiiipppppppppppp Bapak dan ibuk sudah bisa melinkkan sebuah slide satu ke slide yang lainnya...... selamat mencoba).
6. Memberi suara pada Slide
Ambil animation, transition sound. Pilih suara yang anda inginkan.



7. Memasukkan Video Pembelajaran
Ambil Insert – Movie – Movie from File. Pilih Video yang anda inginkan pada file setelah itu klik oke.................
(Mudahhhhhhhh kan)

8. Tugas
a. Buat bahan ajar apa yang Bapak/Ibuk sukai...

Selamat Mencoba dan Bekerja.

Jumat, 27 Januari 2012

RPP kls V semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V ( Lima ) / II ( Dua )
PERTEMUAN : I ( PERTAMA )
ALOKASI WAKTU : 3 X 35 MENIT
STANDAR KOMPETENSI : 7. Mengenal Rasul-rasul Allah SWT

KOMPETENSI DASAR : 7.2. Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi

INDIKATOR : 7.2.1. Menyebutkan pengertian ulul Azmi

: 7.2.2. Menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi

: 7.2.3. Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
: 7.2.4. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Nuh AS

: 7.2.5. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Ibrahim AS
: 7.2.6. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Musa AS
: 7.2.7. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Isa AS
: 7.2.8. Menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh
Nabi Muhammad SAW
: 7.2.9. Menyebutkan sifat wajib bagi Rasul
: 7.2.10 Menyebutkan sifat Mustahil bagi Rasul
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui Diskusi, tanya jawab dan ceramah :
 Siswa mampu menyebutkan pengertian ulul Azmi
 Siswa mampu menyebutkan pengertian Rasul Ulul Azmi
 Siswa mampu menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Nuh AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Musa AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Isa AS
 Siswa mampu menyebutkan tantangan yang dihadapi oleh Nabi Muhammad
 Siswa mampu menyebutkan sifat wajib bagi Rasul
 Siswa mampu menyebutkan sifat Mustahil bagi Rasul

II. MATERI AJAR

Ulul Azmi berasal dari kata Ulu/Uli dan al-Azmi. Ulu/Uli berarti memiliki dan al-Azmi berarti keteguhan/ tekat yang kuat. Rasul Ulul Azmi maksudnya adalah Rasul yang memiliki keteguhan dan kesabaran yang sangat kuat dalam menghadapi berbagai rintangan yang dialami selama menyampaikan ajaran Allah SWT kepada umatnya. Rasul ulul Azmi berjumlah 5 orang yaitu: Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan nabi Muhammad SAW.
Tantangan yang di hadapi oleh nabi Nuh adalah Nabi Nuh a.s. beratus-ratus tahun lamanya mengajak umatnya untuk beriman kepada Allah swt., tetapi hanya sedikit yang beriman.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim a.s. adalah menantang Raja Namrud yang menyembah berhala. Raja Namrud tidak mau beriman kepada Allah swt. Bahkan Nabi Ibrahim a.s. dibakar.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Musa a.s. adalah mengajak Fir’aun untuk berfirman kepada Allah swt., tetapi Fir’aun menolak bahkan mengejar Nabi Musa a.s. untuk dibunuh.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Isa a.s. adalah mendapat tantangan dari murid-muridnya yang berontak. Pimpinan pemberontak yang bernama Yudas Iskariot dimiripkan wajahnya seperti Nabi Isa a.s. oleh Allah swt., akhirnya dia disalib.
Tantangan yang dihadapi oleh Nabi Muhammad saw. Adalah mengajak kaum kafir Quraisy Makkah untuk menyembah Allah swt,. Mereka tidak mau bahkan mereka memusuhi dan mengusir. Akhirnya Nabi pindah ke Madinah.

Sifat wajib bagi Rasul yaitu:
1. Siddiq artinya jujur
2. Amanah artinya dapat dipercaya
3. Tablig artinya menyampaikan
4. Fatanah artinya pandai, cerdas

Sifat Mustahil bagi Rasul yaitu:
Kizib artinya : Dusta
Khianat artinya : Tidak dapat dipercaya
Kitman artinya : Menyembunyikan
Baladah artinya : Bodoh


III. STRATEGI PEMBELAJARAN:

A. Pendekatan : CTL
B. Model : Snowball Throwing
C. Metode : Diskusi, Tanya-jawab, Ceramah, dan penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN WAKTU
A Kegiatan Awal

- Appersepsi: Menghubungkan dengan pelajaran yang
berlalu dengan yang akan datang
kemaren kita telah belajar tentang

- Menjelaskan tujuan pembelajaran: Setelah kamu mempelajari tentang kaum muhaajirin maka kamu tau begitu gigihnya kaum Muhajirin berjuang untuk menegakan ajaran Islam dan meneladaninya.

- Motivasi: Memberikan motivasi kepada siswa. Dengan mengetahui kegigihan kaum Muhajirin maka semangat kamu akan bertambah dan tidah mudah menyerah dalam menegakan kebenaran. Orang yang tidak sempuna ( Cacat ) bisa melakukan sesuatu terbaik apalagi kita yang sempurna. 5 menit
B Kegiatan inti

- Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
- Guru memanggil ketua kelompok ke depan dan menyampaikan materi yang akan dipelajari
- Siswa membaca buku pegangan sebagai sumber pembelajaran
- Guru memberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan yang menyangkut dengan materi
- Guru mendampingi siswa mengerjakan lembaran kerja
- Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menangapi.
- Guru memberikan pujian kepada kelompok terbaik
- Guru menjelaskan materi yang belum tercapai dengan memakai media laptop dan elsidi
80 menit


C Kegiatan akhir - Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
- Guru menyampai pesan ( pesan Moral, Ibadah dll )
- Guru memberikan evaluasi / penilaian tertulis 20 menit



V. ALAT / BAHAN / SUMBER:

- Alat: Kertas lembaran kerja, lembaran penilaian, laptop, Elsidi, papan tulis, Spidol,
- Bahan / sumber: Buku PAI kelas VI pengarang Moh Masrun.s Dkk penerbit Erlangga dan buku PAI Kelas VI pengarang Nur Arief dkk penerbit Seti Aji.

VI. EVALUASI / PENILAIAN
Essay

1. Tulislah pengertian Kaum Muhajirin!
2. Tulislah penyebab terjadinya hijrah kaum Muhajirin!
3. Tahun berapa peristiwa hijrah terjadi dan keberapa kalinya!
4. Tulislah isi Baiat Aqabah I!
5. Ceritakanlah dengan singkat peristiwa perjalanan kaum Muhajirin hijrah ke Madinah!

KUNCI JAWABAN

1. Kaum Muhajirin adalah penduduk Mekah yang telah memeluk Agama Islam dan hijrah
bersama Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

2. Sebab terjadinya hijrah ke Madinah adalah karena
a. Turunnya perintah hijrah dari Allah SWTvdalam Q.S. An-Nisa ayat 100
b. Kekejaman orang kafie Quraisy yang semakin membuat penderitaan kaum Muslimin.
c. Permintaan kaum Muslimin Madinah semakin kuat, dan tokoh-tokoh Madinah menyatakan masuk Islam Pada Nabi Muhammad SAW
d. Hambatan penyiaran Islam di madinah lebih kecil persentasenya di banding di Mekah
e. Perkembangan Islam di Madinah lebih cepat
f. Perkembangan Islam di Mekah sangat sulit karena penguasanya lebih kuat mengikuti ajaran nenek moyangnya.
3. Hijrah Nabi dan sahabatnya dari Mekah ke Madinah adalah hijrah yang ke dua. Pada tahun 622 M
4. Isi Baiat Aqabah I adalah mereka berjanji untuk tidak menyekutukan Tuhan, berzina, mencuri dan menghindari sifat tercela lainnya serta berjanji akan taat kepada Rasulullah SAW
5. Pada pertengahan malam, para pemuda kafir Quraisy berjaga- jaga mengawasi Nabi Muhammad SAW.Akhirnya Rasulullah keluar rumah seorang diri di depan para pemuda yang sedang tertidur yang bertugas menjaga rumah Nabi. Ali mengenakan jubah Rasulullah SAW ia rela mati demi melindungi Rasulullah dan agama Allah. Pada malam itu Nabi ke rumah Abu Bakar untuk di ajak hijrah ke Madianh. Nabi dan Abu Bakar istirahat di Jabal Sur, keduanya beelindung di gua Sur. Laba-laba dan burung mermati ikut melindungi dengan membuat sarang nya di pintu gua. Akhirnya Nabi dan Abu Bakar selamat dan membangun Masjid yang pertama kalinya di bangun.





Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 07 Guru Pendidikan Agama Islam





Evita Zamharira, S.Pd Fitra Yenti, S.Ag .M.A
Nip.19710311 199303 2 002 Nip. 19700903 200801 2 004